Penyusunan Roadmap Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Bidang-bidang kajian keilmuan tersebut terus mengalami metamorfosa dari zaman ke zaman, perkembangan tersebut berdampak positif karena kajian ilmu lebih spesifik sehingga dapat memberikan kontribusi baik secara konseptual teoretik untuk pengembangan keilmuan itu sendiri maupun praktis-aplikatif yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini juga berpengaruh terhadap pendidikan serta berbagai aspek yang lain. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu dengan metode multimedia learning atau pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Multimedia learning adalah belajar dari kata-kata dan gambar. Dalam hal ini bahwa multimedia learning menyajikan materi dalam kata-kata dan gambar agar presentasi dapat memanfaatkan manusia untuk memproses informasi dan materi yang disajikan. Kelompok riset Multimedia Learning Research Group (MLRG) dibentuk untuk mencari tahu akar permasalahan beserta solusi efektif yang dapat diterapkan, tidak hanya dari kebutuhan akan efektifitas dan tinggi nya daya serap peserta didik juga keterbatasan sumber daya (manusia dan sarana).
Pada pertemuan tim MLRG pekan sebelumnya pada tanggal 14 Oktober 2017, Prof. Herman Dwi Surjono mengangkat tema roadmap penelitian. Tema Penyusunan Roadmap Penelitian dan Publikasi Ilmiah menjadi bahasan utama tim MLRG di pertemuan selanjutnya pada hari sabtu tanggal 28 Oktober 2017. Bertempat di Ruang LPTK 7, Gedung LPTK FT UNY dengan dipimpin oleh Prof. Herman Dwi Surjono, masing-masing anggota tim MLRG yang hadir pada pertemuan tersebut diantaranya Dr. Priyanto, Nurkhamid, Ph.D., Sigit Pambudi, M.Eng., dan Bonita Destiana, M.Pd menyampaikan pendapatnya masing-masing. Dengan musyawarah yang sangat intens maka disepakati sub tema yang akan mendasari payung penelitian multimedia learning adalah diantaranya: 1) Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia; 2) Implementasi prinsip multimedia pembelajaran dalam MPI; 3) Pengembangan game edukasi berbasis multimedia; 4) Pengembangan elearning yang adaptif terhadap gaya belajar; 5) Pengembangan elearning untuk mendukung pendidikan jarak jauh